PROFIL KECAMATAN KADUHEJO
  1. Sejarah Singkat
  2. Gambaran Umum
  3. Visi Dan Misi
  4. Strategi dan Kebijakan
  5. Struktur dan Tupoksi
  6. Data Pegawai
  7. Peta Wilayah

Proin elit arcu, rutrum commodo, vehicula tempus, commodo a, risus. Curabitur nec arcu. Donec sollicitudin mi sit amet mauris. Nam elementum quam ullamcorper ante. Etiam aliquet massa et lorem. Mauris dapibus lacus auctor risus. Aenean tempor ullamcorper leo. Vivamus sed magna quis ligula eleifend adipiscing. Duis orci. Aliquam sodales tortor vitae ipsum. Aliquam nulla. Duis aliquam molestie erat. Ut et mauris vel pede varius sollicitudin. Sed ut dolor nec orci tincidunt interdum. Phasellus ipsum. Nunc tristique tempus lectus.

 

Kecamatan Kaduhejo secara administrasi merupakan salah satu kecamatan dari 35 (Tiga Puluh Lima) Kecamatan di Kabupaten Pandeglang yang berdasarkan pada Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 28 Tahun 2001 tentang Pembentukan dan Susunan Organisasi Kecamatan Di Wilayah Kabupaten Pandeglang yang direvisi terakhir melalui Peraturan Daerah Kabupaten Pandeglang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Kecamatan.

Jumlah Desa dibawah administratif Kecamatan Kaduhejo sebanyak 10 (sepuluh( Desa, yaitu :

  1. Desa Campaka;
  2. Desa Bayumundu;
  3. Desa Mandalasari;
  4. Desa Sukasari;
  5. Desa Saninten;
  6. Desa Palurahan;
  7. Desa Sukamanah;
  8. Desa Kadugemblo;
  9. Desa Banjarsari;
  10. Desa Ciputri.

Dari 10 (sepuluh) Desa tersebut terdapat 47 Rukun Warga (RW), 148 Rukun Tetangga (RT) dan 30 Dusun/Lingkungan serta jumlah Pengurus BPD sebanyak 157 Orang.

Secara geografik, Kecamatan Kaduhejo terletak sekitar 7 Km ke arah Barat dari Ibu Kota Kabupaten Pandeglang dengan luas wilayah 2.628 atau 26.28 Km², yang terdiri Tanah Darat 1.521 ha dan Tanah Sawah 1.107 ha. Sedangkan batas administrasi wilayah Kecamatan Kaduhejo adalah :

  • Sebelah Barat berbatasan dengan Kecamatan Mandalawangi dan Cimanuk
  • Sebelah Timur berbatasan dengan Kecamatan Pandeglang
  • Sebelah Utara berbatasan dengan Kabupaten Serang
  • Sebelah Selatan berbatasan dengan Kecamatan Banjar

Jumlah Penduduk Kecamatan Kaduhejo per 31 Desember 2010 sebanyak 37.688 orang yang terdiri dari laki-laki 19.258 orang dan perempuan 18.430 orang terdiri dari 8.496 Kepala Keluarga (KK).

  • Visi Kecamatan Kaduhejo

Visi adalah cara pandang jauh kedepan kemana organisasi harus dibawa agar dapat eksis, antipatif, dan inovatif, visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi.

Penetapan visi sebagai bagian dari perencanaan strategic, merupakan langkah penting dalam perjalanan organisasi. Visi adalah suatu pedoman dan pendorong organisasi untuk mencapai tujuannya. Visi yang tepat bagi masa depan suatu organisasi akan mampu menjadi ekselerator kegiatan organisasi tersebut, termasuk perencanaan rencana strategic secara keseluruhan, pengelolaan sumber daya, pengembangan indicator kinerja, cara pengukuran kinerja, evaluasi pengukuran kinerja, yang akan diintegrasikan menjadi sinergi yang diperlukan oleh organisasi. Menyadari pentingnya misi bagi organisasi, maka Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang menetapkan visinya sebagai berikut :

 

“TERWUJUDNYA PENGEMBANGAN KECAMATAN KADUHEJO SEBAGAI DAERAH PERTANIAN PERIKANAN  DAN HOME INDUSTRI DI KABUPATEN PANDEGLANG MENUJU MASYARAKAT YANG MANDIRI”

 

  • Misi Kecamatan Kaduhejo

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya – upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi ( pasal 1 ayat (13) UU No. 25 Tahun 2004 ). Misi merupakan pernyataan secara luas dan komprehensif tentang tujuan suatu daerah/organisasi yang diekspresikan dalam produk dan pelayanan yang akan diberikan atau dilaksanakan, kebutuhan masyarakat yang dapat dipenuhi, kelompok masyarakat yang dilayani, serta nilai – nilai yang dapat diperoleh.

Untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan, setiap organisasi harus memiliki misi yang jelas. Misi merupakan pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi kepada suatu focus. Misi menjelaskan mengapa organisasi ada, apa yang dilakukan dan bagaimana melakukannya.

  1. Meningkatkan sumber daya manusia Aparatur yang professional,produktif dan bebas KKN;
  2. Memberikan pelayanan yang optimal kepada masyrakat;
  3. Menumbuh kembangkan kemandirian masyarakat;
  4. Melaksankan pembangunan yang berkelanjutan dengan berwawasan lingkungan;
  5. Meningkatkan keterpaduan antar pelaku pembangunan.
  6. Memfasilitsi bagi perkembangan perekonomian masyarakat dan lembaga ekonomi;
  7. Memfasilitasi kemampuan dalam menciptakan ketertiban umum kenyamanan dan rasa aman di masyarakat.

 

STRATEGIS

        Strategis umum untuk mencapai visi dan misi Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang sebagai berikut :

  1. Pemantapan dan Peningkatan Sumber Daya dan Manajemen Kelembagaan. Strategi ini ditempuh dalam rangka pencapaian Misi Meningkatkan Kualitas Aparatur Yang Bersih Dan Berwibawa;
  2. Pemantapan kualitas pembangunan dalam pelayanan masyarakat yang konsisten dan terpadu. Strategi ini ditempuh dalam rangka pencapaian Misi Meningkatkan Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat;
  3. Harmonisasi kerjasama antar lembaga multi stakeholders. Strategi ini ditempuh dalam rangka pencapaian Misi Mewujudkan Kecamatan Kaduhejo sebagai pintu gerbang ekonomi Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten dan Nasional;
  4. Peningkatan kualitas dan hasil usaha unggulan. Strategi ini ditempuh dalam rangka pencapaian Misi Meningkatkan Kualitas Hasil Pertanian, Perikanan, Pariwisata, Pendidikan, Perdagangan dan Jasa
  • KEBIJAKAN

       Arah kebijakan Pembangunan di Kecamatan Kaduhejo diarahkan Kepada :

  1. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pelayanan Kecamatan;
  2. Mengadakan rapat kordinasi satu kali dalam satu bulan dan konsultasi keluar daerah tiap tiga bulan sekali;
  3. Meningkatkan disiplin administrasi perkantoran;
  4. Meningkatkan peran aktif dan control masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan yang telah direncanakan untuk mencapai hasil yang diharapkan;
  5. Meningkatkan pengawasan dan monitoring serta evaluasi program kegiatan yang telah direncanakan;
  6. Meningkatkan hubungan kerja dengan seluruh lembaga pemerintah maupun non pemerintah;
  7. Meningkatkan kinerja petugas pelayanandengan SDM yang handal untuk mencapai pelayanan masyarakat yang maksimal;
  8. Peningkatan pencapaian target pendapatan asli daerah melalui pajak bumi dan bangunan (PBB P2) pedesaan perkotaan.

=> Susunan Organisasi

Susunan Organisasi Kantor Kecamatan Kaduhejo Kabupaten Pandeglang mengacu kepada Keputusan Bupati pandeglang Nomor  14 Tahun 2004 tentang Susunan Organisasi Kecamatan yang terdiri dari :

  1. Camat
  2. Sekretaris Kecamatan, terdiri dari :
  • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
  • Sub Bagian Keuangan
  1. Kepala Seksi Trantib
  2. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan
  3. Kepala Seksi Pemerintahan
  4. Kepala Seksi Pendapatan Asli Daerah ( PAD )
  5. Kepala Seksi Kesejahteraan Sosial
  6. Kelompok Jabatan Fungsional

Dan Kelompok UPT Dinas

=> Kedudukan, Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Kabupaten Pandeglang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Rincian Tugas, Fungsi dan Tata Kerja Kecamatan dan Kelurahan Kabupaten Pandeglang, maka Kecamatan Kaduhejo mempunyai kedudukan, tugas pokok dan fungsi sebagai berikut:

a.  Kedudukan Kecamatan

  1. Kecamatan merupakan wilayah kerja Camat sebagai perangkat daerah Kabupaten Pandeglang;
  2. Kecamatan dipimpin oleh Camat;
  3. Camat berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekertaris daerah.

b.  Tugas Pokok Camat

  1. Mengoordinasikan kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  2. Mengoordinasikan upaya penyelenggaraan ketentraman, ketertiban dan kebersihan;
  3. Megoordinasikan penerapan dan penegakan Peraturan Perundang-undangan;
  4. Mengoordinasikan penyelenggaraan kegiatan pemerintahan ditingkat Kecamatan;
  5. Membina penyelenggaraan Desa dan atau Kelurahan;
  6. Melaksanakan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup tugasnya dan atau yang belum dapat dilaksanakan Pemerintahan Desa atau Kelurahan.

c.  Fungsi Camat

  1. Penyusunan program dan kegiatan Kecamatan;
  2. Pengoordinasian penyelenggaraan pemerintah di wilayah Kecamatan;
  3. Penyelenggaraan kegiatan pembinaan ideology Negara dan kesatuan bangsa;
  4. Pengoordinasian kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat;
  5. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan terhadap kegiatan di bidang ketentraman, ketertiban, dan kebersihan;
  6. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang pendapatan daerah;
  7. Pelaksanaan pembinaan penyelenggaraan bidang kesejahteraan sosial;
  8. Pelaksanaan penatausahaan Kecamatan;
  9. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan tugas dan fungsinya.

d.  Sekretariat Kecamatan

  1. Sekretariat Kecamatan dipimpin oleh seorang Sekretaris Kecamatan yang selanjutnya disebut Sekcam yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat;
  2. Sekretariat Kecamatan mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan umum, penyusunan perencanaan, pengelolaan administrasi keuangan dan kepegawaian;
  3. Dalam menyelenggarakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretariat Kecamatan mempunyai fungsi:
    1. Penyelenggaraan pengelolaan administrasi perkantoran, administrasi keuangan dan administrasi kepegawaian;
    2. Penyelenggaraan urusan umum dan perlengkapan, keprotokolan dan hubungan masyarakat;
    3. Penyelenggaraan ketatalaksanaan, kearsipan dan perpustakaan;
    4. Pelaksanaan koordinasi, pembinaan, pengendalian, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan kegiatan unit kerja;
    5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

e.  Sub Bagian Keuangan

  1. Sub Bagian Keuangan dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Kecamatan;
  2. Sub Bagian Keuangan mempunyai tugas pokok menyusun perencanaan program dan pengelolaan administrasi keuangan;
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sub Bagian Keuangan mempunyai fungsi:
  4. Penyiapan bahan penyusunan program dan kegiatan serta pengelolaan administrasi keuangan;
  5. Penyiapan bahan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan penyusunan program dan kegiatan serta pengelolaan administrasi keuangan;
  6. Penyelenggaraan penyusunan program dan kegiatan serta pengelolaan administrasi keuangan;
  7. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Camat sesuai dengan tugas dan fungsinya.

f.  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dipimpin oleh seorang Kepala Sub Bagian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Sekretaris Kecamatan;
  2. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas pokok melaksanakan pengelolaan urusan umum dan kepegawaian;
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi:
  4. Pelaksanaan urusan rumah tangga dan perlengkapan Kecamatan;
  5. Pengelolaan Kearsipan Kecamatan;
  6. Penyusunan bahan pembinaan disiplin dan peningkatan kesejahteraan pegawai;
  7. Penyusunan urusan umum dan pengelolaan administrasi kepegawaian.

g.  Seksi Kesejahteraan Sosial

  1. Seksi Kesejahteraan Sosial dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat;
  2. Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas pokok merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang kesejahteraan sosial;
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai fungsi:
  4. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang kesejahteraan sosial;
  5. Penyusunan program dan kegiatan seksi kesejahteraan sosial;
  6. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang kesejahteraan sosial;
  7. Penyelenggaraan kegiatan bidang Kesejahteraan Sosial.

h.  Seksi Pemerintahan

  1. Seksi Tata Pemerintahan dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat;
  2. Seksi Tata Pemerintahan mempunyai tugas pokok merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang pemerintahan;
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Seksi Tata Pemerintahan mempunyai fungsi:
  4. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang Pemerintahan;
  5. Penyusunan program dan kegiatan seksi Pemerintahan;
  6. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang Pemerintahan;
  7. Penyelenggaraan kegiatan Pemerintahan.

 i.  Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

  1. Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat;
  2. Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai tugas pokok merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat;
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat mempunyai fungsi:
  4. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat;
  5. Penyusunan program dan kegiatan seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat;
  6. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat;
  7. Penyelenggaraan kegiatan bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat.

j.  Seksi Ketentraman, Ketertiban dan Kebersihan

  1. Seksi Ketentraman, Ketertiban dan Kebersihan merupakan unit pelaksana Satpol.PP Kabupaten dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat dan kepada Kepala Satpol.PP secara teknis operasional;
  2. Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai tugas pokok merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang Ketentraman dan Ketertiban Umum;
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Seksi Ketentraman dan Ketertiban Umum mempunyai fungsi:
  4. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang Ketentraman, Ketertiban dan Kebersihan;
  5. Penyusunan program dan kegiatan seksi Ketentraman, Ketertiban dan Kebersihan;
  6. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang Ketentraman, Ketertiban dan Kebersihan;
  7. Penyelenggaraan kegiatan bidang Ketentraman, Ketertiban dan Kebersihan.

k.  Seksi Pendapatan Asli Daerah

  1. Seksi pendapatan asli daerah dipimpin oleh seorang Kepala Seksi yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Camat;
  2. Seksi pendapatan asli daerah mempunyai tugas pokok merumuskan dan melaksanakan kebijakan teknis bidang pendapatan asli daerah;
  3. Dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Seksi pendapatan asli daerah mempunyai fungsi:
  4. Penyusunan bahan perumusan kebijakan teknis bidang pendapatan asli daerah;
  5. Penyusunan program dan kegiatan seksi pendapatan asli daerah;
  6. Penyiapan bahan pembinaan, koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan kegiatan bidang pendapatan asli daerah;
  7. Penyelenggaraan kegiatan pelayanan pendapatan asli daerah;
  8. Pengolahan data potensi pendapatan asli daerah.aaa

Lorem Ipsum ...